Thursday, June 2, 2011

Radiasi Ponsel (HP) Sebabkan Kanker Otak

"SEBUAH RENUNGAN UNTUK PENGGUNA HAPE"

Tidak banyak yang mengetahui bahaya radiasi Ponsel (hape), disamping karena sedemikian besarnya daya tarik hape, juga seakan "ditutup-tutupi", entah oleh produsen hape atau oleh pihak lain yang berkepentingan dengan penjualan alat bantu komunikasi ini.

Pada tulisan ini dijelaskan pengaruh radiasi hape, besar-kecilnya tingkat radiasi dan fakta lain dari besarnya radiasi hape. Sampai-sampai teknologi ini bisa digunakan sebagai alat untuk memasak telor, hanya dengan menggunakan pengaruh radiasinya.

Secara jujur harus ku akui salah satu makna positif dari larangan mama padaku untuk punya hape sendiri (seperti tertuang dalam tulisanku yang berjudul Mengapa Dieny Ga Boleh Punya Hape Sendiri, Ma........??? dalam blog ini juga).

Bahaya merokok bagi kesehatan memang tak diragukan lagi. Namun siapa sangka pemakaian hape jauh lebih membahayakan kesehatan Anda.
Dr Vini Khurana, seorang ahli bedah syaraf menyebutkan bahwa radiasi hape dapat lebih membunuh ketimbang bahaya merokok. 10 tahun terakhir, semenjak pemakaian hape mulai menjamur, jumlah penderita kanker otak meningkat hingga dua kali lipat.

Hasil penelitian terbaru mengungkapkan radiasi hape dapat menyebabkan kanker otak. Radiasi hape dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform.



Hal tersebut diumumkan oleh organisasi kesehatan dunia, World Health Organization (WHO), seperti dikutip detikcom dari CNN, Rabu (1/6/2011).

Penelitian dilakukan oleh tim yang terdiri dari 31 ilmuwan dari 14 negara, termasuk Amerika Serikat. Keputusan dibuat setelah dilakukan peninjauan lebih mendalam tentang keamanan menggunakan hape. Tim menemukan cukup bukti untuk mengkategorikan radiasi hape sebagai sejenis zat berbahaya bagi manusia.

Tim menemukan bukti peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna hape. Namun belum dapat menarik kesimpulan untuk jenis kanker lainnya.

Saat ini Badan Lingkungan Eropa telah mendorong untuk studi lebih lanjut. Badan independen ini mengungkap hape bisa menimbulkan resiko yang sama besarnya dengan merokok, asbes dan bensin bertimbal.

Kepala sebuah lembaga penelitian kanker terkemuka di University of Pittsburgh mengirim memo kepada seluruh karyawan mendesak mereka untuk membatasi penggunaan hape karena kemungkinan resiko kanker.

Banyak masyarakat modern membutuhkan handphone untuk kebutuhan hidup. Handphone (HP) dianggap sebagai  produk adiktif saat ini, dan melanda dunia ke seluruh kalangan masyarakat.

Total sudah lebih dari 1000 jenis handphone dikeluarkan pabrikan. Sayangnya penguna tidak pernah menyadari seberapa kuat radiasi gelombang elektromagnetic  pada handphone yang dipakai

Badan EWG merelease beberapa pemeriksaan model dan merek HP. Walau sebagian merek dan model dirilis untuk pasar Amerika. Beberapa tipe juga ada di Indonesia, dan bisa dijadikan petunjuk seberapa besar peringkat radiasi yang diberikan oleh handphone dan smartphone tersebut.

Bila HP anda masuk daftar sebagai HP dengan radiasi tertinggi. Ada baiknya mengurangi pemakaian HP. Dibawah ini 5 teratas bagi HP dengan radiasi tertinggi dan terendah.

Kehidupan Pelajar tidak lepas dari hape

Daftar Handphone Tingkat Radiasi Paling Tinggi dan Paling Rendah Di Dunia

Environmental Working Group (EWG), sebuah badan yang berbasis di Amerika Serikat memberi perhatian terhadap masalah radiasi hape dan kesehatan manusia merilis daftar hape yang berbahaya dan tak berbahaya bagi kesehatan manusia.

Penyusunan daftar hape didasarkan pada level Specific Absorption Rate (SAR). Level SAR adalah ukuran kuantitas frekuensi radio yang diserap tubuh manusia. Semakin rendah levelnya, semakin baik untuk meminimalisir radiasi.

Aturan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa level SAR harus kurang dari 1,6 watt per kilogram sedangkan Eropa menetapkan 2 watt per kilogram. Masyarakat di seluruh dunia dianjurkan agar membeli hape dengan level SAR rendah.

Sejumlah Hape diketahui memiliki tingkat SAR yang cukup tinggi sehingga dinilai EWG sebagai hape dengan radiasi buruk. Salah satu hape dengan radiasi tertinggi adalah Blackberry Curve 8330.

Berikut lima hape dengan tingkat radiasi tinggi Tahun 2009:
1. Motorola MOTO VU204 (SAR: 1,55 W/kg)
2. Blackberry Curve 8330 (SAR:1,54 W/kg)
3. Motorola W385 (SAR:1,54 W/kg)
4. Kyocera Jax S1300 (SAR:1,55 W/kg)
5. TMobile myTouch 3G (1.55 W/kg)

Berikut Lima Hape dengan tingkat radiasi Rendah Tahun 2009:
1. Samsung Impression (SAR: 0,35 Watts per kilogram (W/kg)
2. Motorola RAZR V8 (SAR: 0,36 W/kg)
3. Samsung SGH-T229 (SAR: 0,38 W/kg)
4. Samsung Rugby SGH-A837 (SAR:0,46 W/kg
5. Samsung Propel Pro SGH-I627 (SAR:0,47 W/kg)
Radiasi HP sering sekali diisukan dan memang merupakan salah satu penyebab berbagai masalah kesehatan, salah satunya kanker otak. Sebuah penelitian menampilkan daftar hape/handphone dengan tingkat radiasi yang paling tinggi.

Riset yang dilakukan EWG (Environmental Working Group) tersebut berfokus pada sejumlah hape/handphone yang tengah naik daun di pasaran Amerika Serikat. Menurut daftar tingkat radiasi hape 2010 tersebut, beberapa hape/handphone yang menyajikan fitur yang lebih canggih ternyata rentan memiliki emisi radiasi yang lebih tinggi.

Dikutip dari Wireless and Mobile News, EWG menobatkan Blackberry Bold dan Motorola Droid sebagai hape/handphone yang memiliki tingkat radiasi paling tinggi.

Selengkapnya daftar selengkapnya hape/handphone radiasi terendah dan tertinggi di dunia.

Berikut daftar hape/handphone yang beradiasi tinggi yang telah diteliti dan dilansir EWG Tahun 2010 :

1. Blackberry Bold 9700, AT&T, T-Mobile,1.55 W/kg.
2. Motorola Droid, Verizon Wireless, 1.50 W/kg.
3. LG Chocolate Touch (VX8575), Verizon Wireless,1.46 W/kg.
4. HTC Nexus One by Google, T-Mobile, 1.39 W/kg.
5. Apple iPhone 3G S, AT&T, 1.19 W/kg.
6. Samsung Instinct HD (SPH-M850), Sprint,1.16 W/kg.
7. Motorola CLIQ with MOTOBLUR, T-Mobile,1.10 W/kg.
8. Samsung Mythic (SGH-A897), AT&T,1.08 W/kg.
9. Pantech Impact, AT&T, 0.92 W/kg.
10. Motorola Brute i680, Sprint, 0.86 W/kg.

Sementara itu daftar hape/handphone dengan radiasi rendah  Tahun 2010 :
1. Sanyo Katana II [Kajeet].
2. Samsung Rugby (SGH-a837) [AT&T].
3. Blackberry Storm 9530 [Verizon Wireless].
4. Samsung I8000 Omnia II [Verizon Wireless].
5. Samsung Propel Pro (SGH-i627) [AT&T].
6. Samsung SGH-t229 [T-Mobile].
7. Helio Pantech Ocean [Virgin Mobile].
8. Sony Ericsson W518a Walkman [AT&T].
9. Samsung SGH-a137 [AT&T, AT&T GoPhone].
10. LG Shine II [AT&T].

6 TIPS MEMINIMALISIR BAHAYA RADIASI HAPE menurut EMF-Health :
Untuk meminimalisir bahaya yang mungkin terjadi karena pengaruh radiasi hape, berikut tips jitunya seperti diramu dari EMF-Health.

1.      Batasi pemakaian hape hanya pada panggilan yang penting-penting saja dan bicaralah dengan singkat. Ingatlah bahwa pembicaraan via hape yang terlalu lama, apalagi sampai berjam-jam disinyalir mempunyai beberapa dampak buruk terhadap kesehatan. Namun jika Anda memang harus melakukan panggilan yang lama, disarankan untuk memakai handsfree untuk keamanan.

2.      Anak-anak di bawah umur seharusnya hanya diperbolehkan memakai hape dalam keadaan darurat saja. Mengingat mereka masih dalam tahap perkembangan, bahaya radiasi bisa bertambah parah.

3.      Jika memakai hape tanpa handsfree, tunggulah sampai panggilan benar-benar terkoneksi sebelum menaruh hape di telinga untuk melakukan pembicaraan.

4.      Minimalisir pemakaian hape di ruang tertutup dengan bahan logam atau baja, misalnya di dalam mobil. Dalam ruangan seperti ini, hape harus bekerja keras menstabilkan koneksi sehingga radiasi meninggi. Selain itu, ada kemungkinan radiasi memantul kembali ke pengguna di ruangan yang didominasi bahan baja.

5.      Minimalisir penggunaan hape ketika kekuatan sinyal hanya satu bar atau kurang. Dalam kondisi ini, hape juga harus bekerja keras untuk menstabilkan koneksi sehingga radiasi bertambah besar.

6.      Belilah hape dengan level SAR (Specific Absorption Rate) yang rendah. Level SAR adalah ukuran kuantitas frekuensi radio yang diserap tubuh manusia. Semakin rendah levelnya, semakin baik untuk meminimalisir radiasi. Anda bisa mendapat informasi mengenai SAR ini di buku panduan atau surfing di internet.


Faiz FaiEzah TwinNz dan DiLa FadiLah Twin dengan hape masing-masing

Gunakan hape sebagai alat memotret
10 Langkah Hindari Radiasi Hape MENURUT TARAKA SERRANO :

Adanya radiasi hape yang menyebabkan gangguan kesehatan hingga kini memang masih menjadi perdebatan. Meski masih dalam perdebatan, sebagai produk elektronik yang memancarkan gelombang, keberadaan hape perlu pengaturan dan tata cara pakai yang pas dan aman Dr. George Carlo, pensiunan peneliti industri hape dari Amerika menyebutkan setiap tahun terjadi 30 sampai 50 ribu kasus gangguan kesehatan akibat hape. Dr. Carlo juga memprediksi pada tahun 2010 di Amerika bakal terjadi 500 ribu kasus gangguan keseharan akibat hape per tahun. Dalam kaitan tersebut, Taraka Serrano, penulis dan advokat kesehatan memberikan beberapa tips yang sekiranya berguna untuk menghindari radiasi dari hape.

1. Batasi Penggunaan Waktu bicara
Biasakan untuk membatasi waktu bicara di hape, paling tidak persiapkan terlebih dahulu materi untuk pembicaraan. Setelah dua menit Anda berbincang di hape maka aktifitas natural electrical akan mulai meningkat ke otak.

2. Rentan Terhadap Anak-anak
Anak-anak tentu memiliki ketahanan fisik yang lebih lemah ketimbang orang dewasa, termasuk dalam hal radiasi hape. Untuk itu biasakan Anak Anda untuk tidak terlalu sering memanfaatkan hape untuk aktifitas voice. Tapi Anak-anak perlu juga diberi pemahaman untuk pemanfaatan hape dikala darurat.

3. Manfaatkan Airtube Headset
Walau telah menggunakan headset bukan berarti Anda bisa terbebas dari efek radiasi. Salah satu solusi yakni manfaatkan airtube headset. Jenis headset ini dilengkapi lubang atau rongga pada speakernya.

4. Jangan Masukkan Hape di Saku Celana
Material bahan di celana kadang dapat menjadi konduktor yang cepat untuk radiasi, ketimbang reaksi ke bagian kepala. Salah studi mengungkapkan posisi hape di saku celana, terutama dekat lipatan paha bisa berpengaruh pada kualitas sperma hingga turun 30 persen. Ini bisa menjadi perhatian penting bagi para pria.

5. Jeda Saat Melakukan Panggilan
Saat Anda menggunakan hape tanpa headset, tunggu beberapa saat sampai panggilan Anda terkoneksi ke jaringan operator, baru kemudian tempelkan telinga ke speaker. Sedikit banyak hal ini bisa mengurangi efek radiasi.

6. Jangan Gunakan Hape di Elevator
Elevator (Lift) telah menjadi standar fasilitas di gedung-gedung bertingkat. Elevator pun kini sudah banyak yang dilengkapi penguat sinyal oleh para operator. Namun ada pendapat untuk menunda bertelepon di dalam ruang metal tertutup, dalam hal ini adalah elevator dan kendaraan box. Alasannya aktifitas hape dapat memicu hukum Faraday sehingga bisa menjebak radiasi yang dipancarkan dan di khwatirkan akibatnya berbalik ke pengguna.

7. Indikator Kekuatan Sinyal
Dikala ingin melakukan panggilan, sebaiknya perhatikan pula kondisi jaringan operator di layar hape. Jika melakukan panggilan di saat sinyal lemah atau satu bar maka proses kerja hape untuk terkoneksi ke jaringan operator bertambah berat. Ini juga membawa efek pada tingkat radiasi.

8. Gunakan Hape dengan SAR Rendah
Setiap hape yang beredar memiliki tingkat SAR (specific absorption rate) yang berlainan. SAR diartikan sebagai ukuran tingkat penyerapan energi dari RF (radio frequency) yang dapat masuk ke dalam tubuh. Semakin rendah tingkat SAR maka kian bagus hape yang dimaksud. Indikator SAR umumnya sudah disertakan dalam buku manual pengoperasian hape.

9. EMF Protection
Gunakan perangkat baik hape ataupun lainnya dengan validasi EMF (electronic filed) protection. Salah satu yang mencuat saat ini seperti pemanfaatan bio energy. Radiasi EMF dapat bersifat kumulatif pada tubuh Anda, wujud yang paling mudah dilihat yakni biological stress.

10. Mengkonsumsi Suplemen
Radiasi dari perangkat Microwave di base station dapat mengurangi tingkat anti oxidant di dalam tubuh. Hal ini bisa menjadi ancaman sebab anti oxidant diperlukan tubuh untuk perlindungan dan membawa pengaruh pada indikator stress, infeksi dan penyakit-penyakit lain. Untuk itu Anda perlu mengkonsumsi suplemen yang mengandung elemen Melatonin, Zinc, Gingko Biloba dan Bilberry Extract. Keempat elemen tersebut bisa meningkatkan anti oxidant, melindungi sel otak dan kesehatan mata.

Handphone dan kesuburan pria
Kalau anda jenis orang yang suka menyimpan handphone di saku celana, atau dimasukkan dalam sarung kecil kemudian digantung di pinggang, maka jumlah sperma anda bisa berkurang hingga 30 persen.
“Radiasi yang dipancarkan hape berpengaruh negatif terhadap produksi sperma, dan kesuburan pria,” kata Departemen Obstetri dan Ginekologi Universitas Szeged, Hungaria, yang akan melaporkan hasil penelitiannya dalam konferensi The European Society of Human Reproduction and Embryology (ESHRE) di Berlin, Jerman.


Pemanfaatan Lain Radiasi hape: Untuk Memasak Telur

Apakah anda tahu akan bahaya radiasi hape?

Banyak organisasi termasuk industri hape seringkali mengesampingkan akibat radiasi hape kepada otak. Hasil-hasil studi jangka pendek yang dimanfaatkan untuk meyakinkan para konsumen bahwa dengan menggunakan hape tidak ada hubungannya dengan kanker atau tumor otak, yang hanya berkembang beberapa waktu setelah terekspose.
Wajar saja, tidak ada seorangpun mengetahui secara pasti sejauh mana sebuah hape dapat membahayakan seseorang.

Media baru Howe Recently melaporkan sebuah studi yang memperlihatkan radiasi hape yang penuh dengan energi dapat digunakan untuk memasak telur.

Dalam sebuah percobaan, peneliti menyimpan sebuah telor di dalam sebuah cangkir porselen (karena mudah untuk menyerap panas), dan meletakkan dua buah hape yang saling berhadapan dengan telor di dalam cangkir porselen tersebut.


Peneliti kemudian memanggil salah satu hape kemudian menyimpannya berhadapan dalam keadaan salurannya tersambungkan untuk jangka waktu beberapa lama.
Selama 15 menit pertama, tidak terjadi perubahan apa-apa. Namun, setelah 25 menit kemudian kulit telor mulai memanas dan setelah 40 menit kemudian permukaan kulit telor menjadi keras dan merekah.

Para peneliti menemukan protein yang berupa putih telor menjadi keras meskipun kuning telurnya masih dalam bentuk cairan. Setelah 65 menit telur matang dengan sempurna. Penelitian memperlihatkan bagaimana menakutkannya radiasi hape. Kita harus berusaha untuk meminimalisir penggunaan hape. Meskipun tidak seorangpun telah membuktikan radiasi dari hape dapat menyebabkan sesuatu yang secara klinis signifikan. Lagipula, tidak seorangpun yang dapat menyanggah risiko tersebut.

Anak-anak harus dilarang menggunakan hape karena otak mereka masih berkembang dan terutama rawan terhadap radiasi.
sumber :© 2006-2007 by foodconsumer. org unless otherwise specified __

Vladimir Lagovski dan Andrei Moiseynko,wartawan dari Koran Komsomolskaya Pravda di Moskow memutuskan untuk mempelajari langsung bagaimana bahayanya hape. Mereka mencoba memasak telur dengan hape. Rahasianya terletak dalam gelombang radio yang radiasinya dipancarkan oleh hape. Kedua orang wartawan tersebut membuat alat berupa microwave sederhana seperti terlihat pada gambar di atas.
Mereka menelpon dari satu hape ke hape yang lainnya dan membiarkan keduanya tetap saling terhubungkan. Mereka memasang sebuah pita rekaman di sebelah hape untuk menirukan suara agar telepon tetap aktif.

Inilah hasilnya:
- Setelah 15 menit: Telor mulai hangat.
- 25 menit: Telor sangat hangat.
- 40 menit: Telor menjadi sangat panas.
- 65 menit: Telor Matang. (Seperti nampak pada gambar dibawah)

No comments:

Post a Comment