Saturday, June 4, 2011

Tragedi Malam 1 Suro


Nyang nie bener-bener asli kisah nyata :

Berawal dari gagasan Dinas Pengairan untuk memperdalam Daerah Aliran Kanal (sebut saja begitu), terjadilah keruk mengeruk area perkanalan di sepanjang jalan di depan rumahku, namanya jalan Payangan. Tindakan Dinas Pengairan ini disambut pro-kontra dari berbagai kalangan. Untuk eselon atas sih, iyes2 aj,,tapi untuk kalangan bawah (baca: rakyat jelata) banyak yang ngedumel, coz selain jalan jadi semakin sempit gara2 urugan kerukan kanal tadi,,pohon2 di depan rumah mereka juga dibabat habis dan (anehnya) kayu2 hasil babatan tadidiambil oleh mereka,padahal yang nanam adalah masyarakat sendiri...perkecualian untuk pohon 2 yang ada didepan rumah inyong...Babe gue pertahanin kayu2 hasil tebangan pohon didepan rumah gua dari sitaan mereka..(catatan: pohon2 ini hasil jerih payah bundaku nanam plus melihara dari serangan embek2 dan ayam tetangga hingga jadi gede2). Ebes gue yang emang te Op pe be ge te (baca:kayak yang nulis ini,,hehe)..bicara pake teori..mulai teori wilayah kekuasaan pertanahan sampe pemerintahan (essiipp bgt ni babe,,,padahal ndak pernah makan bangku sekolahan beliau ini...apalagi sampe kuliah...hohoho...boro2). Alhasil mereka kalah juga,dan kayu2 jadi milik bunda.

Adalagi yang istimewa dari acara keruk mengeruk ini..sepanjang jalan payangan(yang emang jadi proyek pengerukan ),treatment DP hanya pada mengeruk kanal trus ditumpukin di sebelah kanan gitu aja,,hingga jalan yang awalnya bisa dilewati mobil super lux,,sekarang cuman bisa dilewati ma sepeda ungkil,,itupun kadang masih nuntun pula,,

tapi engga untuk di depan rumah, entah mengapa..sesudah ditumpukin tanah kerukan,,jaln di depan rumah diratain...trus dilindes lagi..bolak balik..bolak balik..jadinya jalan ini tetep bisa dilewatin truk,,so excellent dah..sampe orang2 ngira bapak kasih duit untuk treatmen ini,,,padahal nggak blas,,kekeke...(semua itu,,mungkin karena pas waktu mesin pengeruk musti ditinggalin n ditungguin pas pula naruhnya didepan rumah..babe waktu itu sempet ngajakin ngobrol para penunggu2 itu..trus ibu juga buatin kopi plus camilan dan juga dipinjemin bantat plus alas tidur yang mungkin ndak pernah didapetin ditempat lain di malam2 sebelumnya ketika mereka harus ronda menjaga mesin pengeruk itu.

yah,,,its all about proses keruk mengeruk...nah,,,dampak lain dari prosesi ini adalah...berpindahnya lapisan humus dari kanal ke permukaan jalan yang notabene secara struktural...humus itu licin...jadilah setelah hujan melanda,biasanya akan banyak korban berjatuhan gara2 tergelincir tanah humus (terlebih di depan rumah inyong, karna emang nyata2 diratain ma pihak DP nya..)...so sad..walopun aku sendiri juga sering nyaris jadi korban,,hohohoh

Hari senin sore...setelah sebelumnya hujan sempat mnenurunkan pasukannya menyerbu bumi, menjadikan tanah2 jadi becek sana-becek sini,,terutama jalan di depan rumah,,,habbuuu...deh pokoknya.,,ndak seperti biasanya..orderan bapak hari ini agak rame,ada 2 dedet dateng bawa jagung gelondong, trus satu pick up juga bawa jagung gelondong dan yang trakir adalah truk pengambil jagung pipil. Mereka datang hampir bebarengan,padahal timbangan cuman ada satu, jadinya ya...ngantri..dan yang palinga akhir adalah truk truk itu..

proses penganguktan selesai juga akhirnya ketika waktu menunjukkan sekitar jam lima lebih lah. Nah..ketika mrk mo bertolak ke negrinya..eee...si pak supir cengel,,sudah dibengok2 i jangan lewat selatan,,,walah ngengkol dia...AKHIRNYA!!,,,,nyuuuttt... roda depan sebelah kanan keblegong,,ngguser,ndak isa jalan..walah ,,penggawean,,

Akhirnya mereka manggil bala bantuan dari negaranya sono...datanglah sebuah truk lagi. Kalo tadi yang keblegong truknya hadap selatan,sekarang truk bala bantuan datang dan memposisikan diri dengan arah berlawanan (baca:adu pantat)..HIyaaaa,,,acara tarik menarik pun dimulai (hari sudah gelap menjelang isya ketika insiden ini terjadi).
Bapak ngasi saran untuk kasi muatan lebih di bag belakang truk bala bantuan,,biar ndak ngguser lagi,,ee... ndak direwes ma kuli plus supirnya,,ngeremehin babe gua mereka ini,,(ngelamakk)..setelah capek ,lencu dan macem2(termasuk bapak njanji ngasiin ongkos lebih , akhirnya mereka manut..mo ngasih beban lebih di truk bala bantuan,,(aneh mreka ini,padahl kan kepentingan mreka sendiri,,)

herrreng,,,herrreng,,,mesin mulai nyala dan truk bala bantuan mulai bergerak...tapi ndak lama kemudian..gubbbrrraaakkk...owww..si truk tergelincir juga masuk pekarangan tetangga sebelah kiri,makan pagar bambu tetangga..mampuslah sekarang,, 2 truk nyungsep dewe2,,yang satu hadap selatan yang satu hadap utara...kekeke...tragis!!

Entah emang takdir ato pa ya..ibu yang biasanya hanya punya nasi pas2 an untuk dimakan,,sore itu ibu punya nasi+sayur+lauk (meski cuma tahu guring) lumayan banyak,hingga akhirnya ibu bisa kasi makan para kuli2 yang mulai kelaperan...andai tidak,,entahlah, ndak tega mbayanginnya)..sementara waktu sudah menunjukkan pukul 9 malem..daku habis liat sinetron "putri yang tertukar" (gue demen banget ma sinetron ini),,padahal segala cara dah dilakuain,,

Bapak mulai bingung dan telpon koleganya yang punya dedet untuk mbantu narik para truk2 nyungsep ini,,tapi ternyata ndak isa,,alasannya karna emang jalannya licin,jadi bukan kompetennya dedet untuk jadi pahlawan dalam masalah ini...miki, mikir dan mikir...akhirnya kolega bapak ini punya inisiasi...ini yang aku 'love' banget dari orang desa....tepo selironya great bgt..bayangpun,,tengah malam begini,, mereka masih mau datang bantuin,,,

Beberapa saat kemudian datanglah 3 pasang ekor sapi...guede2 cah,,lha kalo dibandingin ma gue yang lagi berdiri aja, paling sik tinggian si sepi ini..
malam2,, begini sisepi dipecut, dibentaki untuk narik truk bala bantuan terlebih dulu...wooouuuwww,,,gaduh banget pokok e,,sampe sederet tetangga ikutan jadu penonton.
Karna emang jalnnya licin, si truk ini harus beberapa kali tergelincir..mulu,,,jadinya lamaa.. banget untuk bisa keluar dari area maut itu.. para sepi ini,,,nariknya dari arah depan,ganti belakang, depan lagi, belakang lagi..truuusss gitu sampe akhirnya bener2 nempatin truk bala bantuan ini di jalan yang benar..alhamduliilah...satu masalah terselesaikan..
Uniknya,,ndak ada seorangpun yang marah ato kesal dala insiden ini..semua berlangsung dengan penuh tawa..walopun mereka semua tanpa ditanya pun akan bilang,,GUE CAPEK BLEH!!!

setelah rehat sejenak sambil minum wedang buatan ibu,,,mereka lanjutin narik truk yang satu nya ke arah selata...lancar alhamdulilah...cepet juga sampe ke ujung jalan...beres dah...

Akhirnya mereka pulang ke istananya masing2 termasuk para sepi2 itu...owhhh...leganya,,,tinggal daku,bapak ma ibu lenger2 di depan rumah...ckckck...ndak nyangka kan jadi segede ini masalahnya...sambil liatin jalan di depan rumah yang bentuknya bak sawah bar dibrujul...(hancur lebburr). But alhamdulillah...semua beres juga..
Sebelum akhirnya masuk kamar dan ngorok,, tak sempetin ngelirik jam ...weks, gila',,,jam 12. tet meennn!!!

Hmm,,,nyadar dweh...malam satu suro 1432 H.
Lokasi Tragedi 1 Suro

No comments:

Post a Comment