Sunday, July 3, 2011

Tips Agar Blog Jadi Beken

Setelah sekian lama cari-cari info bagaimana cara mempromosikan blog agar bisa dikenal diseluruh dunia , bahkan kalau bisa terkenal dunia akhirat dech (maksudnya terkenal di seluruh dunia dan kelak di akhirat juga ada nilainya, gitu). Akhirnya gue menemukan kesimpulan bahwa promo termudah and paling jitu adalah jejaring sosial.

Tapi ada satu hal yang perlu gue jelasin (secara terbuka dan jujur, tentu) bahwa sampe tulisan nie dimuat, gue belum praktekin semua nie. Jadi untuk ngebuktiin manjur tidaknya, silahkan praktekin sendiri dach. Kalau manjur bisa dilanjutin, kalau tidak ada pengaruhnya apa-apa ya... cuekin saja. Ok?

Berikut ini adalah cara-cara menggunakan jaring sosial untuk mempromosikan blog, yang bisa menghasilkan trafic pengunjung dalam jumlah besar untuk blog atau situs anda.

1. Facebook


Facebook menawarkan sejumlah cara untuk mempromosikan situs dan posting blog Anda. Sebagai permulaan, Anda dapat membuat Halaman Facebook untuk diri sendiri atau blog Anda. Jumlah yang tidak terbatas dari fan akan dikirimi update setiap kali Anda memperbarui halaman Anda dengan catatan baru, artikel, foto, dll, dan Anda juga dapat mengirimkan pesan langsung kepada semua orang penggemar Facebook di daftar Anda. Metode lain promosi adalah membangun Jaringan Blog (sekarang disebut NetowrkedBlogs). Hal ini menciptakan sebuah komunitas bagi para pengikut blog Anda, termasuk dinding diskusi dan memperbaharui RSS feed. Sebuah fitur baru untuk NetworkedBlogs adalah penyiaran untuk semua penggemar, tetapi hanya tersedia jika Anda meng-upgrade account Anda dengan $ 4,99. Untuk mempromosikan artikel baru blog Anda, Anda dapat memposting link pada profil Anda, yang muncul pada News Feed teman Anda, dan posting link memperbarui status Anda. Anda juga dapat bergabung dengan kelompok dan posting link di dinding diskusi kelompok.
2. Twitter

Twitter merupakan jaringan sederhana untuk mempromosikan blog Anda. Cukup posting, ngetweet 140 karakter atau kurang dengan link ke artikel baru Anda. Pastikan untuk memasukkan kata kunci utama bagi artikel itu, karena tidak hanya pengikut Anda akan melihat hal itu, tapi orang-orang menggunakan Search Twitter bisa menemukan juga. Gunakan keyword dalam ngetweet Anda. Misalnya, topik yang sedang populer saat ini.

3. StumbleUpon

Ketika anda menerbitkan postingan artikel baru, puisi, atau foto yang ingin dibagi dengan orang lain, gunakan StumbleUpon. Juga gunakan toolbar StumbleUpon di Firefox untuk berbagi postingan dengan semua teman-teman dan fans. Juga ada kelompok-kelompok di StumbleUpon. Jika blog Anda adalah tentang Gmail, kemudian bergabung dengan kelompok itu dan mendapatkan link dari postingan anda sebagai situs terkait, atau menambahkan artikel yang berhubungan dengan halaman diskusi.

4. BlogCatalog

BlogCatalog, adalah jaringan untuk blogger, memiliki beberapa cara untuk mempromosikan blog dan artikel Anda. Setelah Anda mensetup profil maka blog anda ditambahkan ke direktori mereka, Anda dapat mengirim broadcast ke semua teman Anda setiap kali Anda memiliki posting baru, atau sebagai alternatif, Anda dapat mengirim "Digest Mingguan" siaran posting terbaru. Broadcast ini ditampilkan dalam  Kontrol Panel teman Anda, dan juga email ke mereka, jadi pastikan untuk menggunakan subyek yang sesuai (sebagai lawan dari "Posting Baru" atau "Blog Update"), karena ini adalah yang akan menjadi perhatian untuk broadcast grabber Anda. Cara lain untuk mempromosikan blog anda pada BlogCatalog termasuk mengikuti diskusi yang berhubungan (seperti Yahoo Answers) dan termasuk jawaban singkat ditambah link ke posting terkait Anda. Juga, Anda dapat bergabung dengan grup terkait dan link posting artikel Anda dalam diskusi kelompok.

5. Myspace

Myspace, walaupun fiturnya kurang friendly dibandingkan dengan Facebook, tetapi masih memiliki komunitas yang besar untuk mencapai target traffic. Metode terbaik untuk digunakan adalah membuat profil dengan fokus pada keyword, dan link ke blog anda di awal bagian About Me. Manfaat di sini adalah profil Myspace tidak muncul dalam pencarian kata kunci Google. Plus teman-teman akan diperbarui setiap kali Anda memperbarui profil Anda. Jadi, ketika Anda mengganti lagu Anda, misalnya, teman akan datang memeriksa profil Anda, dan jika Anda memiliki widget dengan feed RSS untuk situs Anda, mereka mungkin melanjutkan ke situs Anda. Anda juga dapat memposting buletin baru yang akan muncul pada Bulletin Board teman Anda.

6. Plurk

Plurk merupakan salah satu jaringan mirip dengan Twitter dalam arti bahwa anda harus berkomunikasi melalui pesan singkat Anda, lebih kurang 140 karakter frase. Perbedaannya adalah anda juga dapat berbagi video Youtube dan gambar yang akan muncul di suatu plurk anda (bukan hanya link).

7. Digg

Digg memungkinkan anggota untuk berbagi situs melalui voting, atau digging. Metode terbaik untuk berbagi link melalui situs ini bukanlah melakukan pengiriman diri sendiri (self-submissions), tetapi untuk menambahkan tombol Digg atau lencana untuk setiap artikel dan biarkan pembaca Anda mengirimkan cerita Anda.

8. Jaringan Sosial Lainnya

Jumlah traffic yang Anda dapatkan tergantung pada aktivitas dan sejumlah teman di jaringan tersebut. jaringan lain yang dapat digunakan untuk promosi blog melalui ikon di bagian bawah setiap posting termasuk Mixx & Reddit, keduanya mirip dengan Digg, dalam arti bahwa mereka membolehkan voting / rating untuk artikel, Magnolia & Delicious merupakan situs bookmark, dan Technorati. Juga, ada SocialBrowse yang memungkinkan Anda untuk menyimpan halaman melalui plugin Firefox, dan BloggerUnited yang akan posting entri terbaru blog Anda ke situs mereka ketika Anda login ke jaringan.

9. Traffic Exchange

Selain berbagi posting secara langsung melalui jaringan yang disebutkan di atas, ada juga berbagai kelompok di Facebook, BlogCatalog, Yahoo Groups, Tweetworks, dan sebagainya untuk lalu lintas & bursa berlangganan RSS. Jadi ketika Anda memiliki Reddit / dugg / Stumbled / berlangganan artikel mereka atau situs, dan mengirim posting anda atau pertukaran link RSS, cari yang benar-benar Anda sukai.

Catatan :
  • Saat Anda melakukan promosi blog atau situs, Coba saat jam sibuk, yang umumnya jam kerja Senin sampai Jumat. Mengingat beberapa orang memiliki sejumlah teman dan status update yang terbaik ketika orang paling aktif, karena status update Minggu malam akan hilang setelah semuanya pada hari Senin kembali melakukan aktivitasnya masing-masing.
  • Membangun komunitas besar pada setiap jaringan tempat Anda bergabung, karena tanpa fans / teman / pengikut, tidak akan ada orang yang akan mempromosikan blog anda.
  • Anda harus aktif, karena seseorang lebih memperhatikan orang-orang yang namanya muncul setiap hari dalam interaksi mereka.
  • Membantu orang lain, pastikan untuk menyediakan beberapa jenis manfaat kepada teman-teman online Anda. Membantu artinya bisa dengan mengirimkan tips tentang bagaimana desain ulang website, atau mengirimkan sedikit komentar misalnya "segera sembuh ya" ketika memperbarui status seseorang.

No comments:

Post a Comment